Friday, August 22, 2008

Garis Besar Program XQ

Garis Besar Program Sanggar Ekski, terjabarkan melalui tiga fase berikut ini :

A. PROGRAM JANGKA PENDEK
1. Silaturahmi
Sanggar Ekski merekomendasikan para anggotanya untuk melakukan ajang silaturahmi mandiri dengan Sanggar-sanggar/Komunitas lain diluarnya sebagai upaya pengembangan diri dan brainstroming (diskusi) yang natural.
2. Net-working
Memberikan penyadaran kepada anggota bahwa pentingnya memiliki kecakapan pengetahuan akan dunia Teknologi Informasi, seperti komputer dan internet. Bentuk sederhananya adalah mengharapkan seluruh anggota memiliki akun friendster dan blog.

B. PROGRAM JANGKA MENENGAH
1. Pertunjukan / Show
Melalui pertunjukanlah, Sanggar Ekski melakukan upaya apresiasi, partisipasi, promosi dan pencarian donasi dalam rangka wujud eksistensi berkeseniannya.
2. Pelatihan Teater Sekolah

Merupakan penawaran program pembinaan teater ke sekolah-sekolah untuk pengembangan jaringan Sanggar Ekski.
3. Mengadakan Ruang Kumpul
Dapat berupa Cafe atau yang lainnya.

C. PROGRAM JANGKA PANJANG
1. Latihan Reguler Asa dan Depan
Latihan Reguler ini adalah tendensi pertama dan utama dalam proses pembentukan. Melemahnya fungsi Latihan Reguler, maka akan lemah pula proses berikutnya. Untuk itu Ekski menetapkan bahwa Latihan Reguler adalah 'yang pertama dan utama'.
2. Latihan Keteateran
Barangkali sedikit berbeda dengan sanggar lain, dimana Latihan Keteateran include dengan Latihan Kepemimpinan. Di Ekski diberikan ruang tersendiri untuk kedua hal tersebut dan pelaksanaannya disesuaikan dengan jenjang keanggotaan. Latihan Keteateran dilaksanakan tiap setahun sekali.
3. Latihan Kepemimpinan

Sama seperti Latihan Keteateran, Latihan Kepemimpinan dilakukan tiap setahun sekali bulan Desember.
4. Seleksi Deguru
Juga dilaksanakan tiap setahun sekali, dengan waktu pelaksanaan yang random (acak)yang disesuaikan dengan program kegiatan yang telah disusun sebelumnya.

Melalui tiga fase inilah Ekski, dengan perlahan, sabar dan tekun menjalani proses kesanggarannya.

No comments: